Search here and hit enter....

ADAB MENGHUBUNGI ORANG UNTUK MELAMAR KERJA


ADAB MENGHUBUNGI ORANG UNTUK MELAMAR KERJA
Tiba-tiba ada yang WA
"Lokernya masih?"
atau..
"Lokasi dimana, mbak?"
atau..
"Butuh berapa orang?"
Setiap hari banyak WA masuk ke saya seperti itu. Kalo hati saya lg ga enak, ga saya bales WA nya. Kalo hati lagi enak, paling saya bilangin:
Dari siapa ini..di mana..Salam dulu dan perkenalkan diri dulu yaa.
Karena saya bingung jg, ni orang melamar yang mana. Asisten rumah tangga, penjaga warung nasi bebek, atau melamar jd tukang cukur, apa jadi manager Arjuna. Iklannya banyak soalnya. 😁
Respon mereka, kalo orangnya baik dan ngerti, akan bilang maaf. Mungkin sedikit malu. Lalu mengulang kalimatnya.
Assalamualaikum. Saya Dini, 24 thn, Solo.
😊 Saya mesem aja.
Nah kalo orang yg gak bagus, dia tidak akan membalas lagi WA saya. Tidak jadi melamar 😂. Kesel kali. Ngambek. Haha. Dia akan berpikir, belagu amat ni bos nya.
Tergerak aja untuk menulis ini di sini. Semoga ada manfaatnya. Karena di antara kita pasti banyak juga pencari kerja. Dan zaman skrg, orang lebih suka memposting iklan lowongannya di medsos ketimbang di koran apalagi radio. Selain tidak bayar biaya iklan, akan lebih cepat terbaca orang dan banyak jangkauannya jika posting di medsos. Harapannya, cepat dapat karyawan.
Iklan yang diposting di medsos, sebenarnya hanya pemberitahuan saja. Bukan untuk tanya jawab di kolom komentar. Sebaiknya, pencari kerja langsung menghubungi nomor yang disarankan dan tertulis di iklan. Lebih privat, mau tanya jam kerja, nego gaji, dll. Ada juga kadang yang ngeselin komen nya. Ketika banyak komentar dan tidak satupun yang dijawab. "Wah..orangnya gak tanggung jawab nih. Pasang iklan tapi ditinggal ngeloyor"
Ketika kita jawab, tolong langsung hubungi ke WA, dia komen lagi : Pasang iklannya di WA aja mbak. Jangan di sini.
😏😏😏
Kalo ada yang begitu,
Gue jadi pengen nyanyi, Lah lah.. Bocah ngapaya ..ngapaya 😂😂😂
Hhhhgggh..saya mau merangkum deh, apa yang sebaiknya dilakukan jika membaca iklan lowongan di medsos.
1. Baca iklan baik-baik. Biasanya sudah ditulis persyaratannya, usia, laki apa perempuan yang dibutuhkan, tingkat pendidikan, kompetensi yang dicari, dll. Jangan sampai nanya-nanya lagi yang gak penting dan sudah ada di iklan. 😀 atau tidak masuk kriteria tapi nekad. 😆
2. Langsung datangi alamat yang dimaksud jika perusahaannya memang jelas ada, atau telepon ke nomor yang tertulis di iklan. Karena bukan anda saja mungkin yang butuh kerjaan. Siapa cepat, dia dapat.
3. Jika ingin menghubungi, memastikan, sebaiknya telepon, jangan sms atau WA. Jika harus WA pun, harus sopan. Ucapkan salam dulu. Assalamualaikum atau Selamat pagi, siang, sore. Jangan selamat malam. Sekali lagi etika. Mungkin nemu iklannya jam 11 malem. Langsung ngubungin malem-malem. Kalo ga dibales, jangan marah. 😊
4. Perkenalkan diri dulu. Saya Udin, usia 30 tahun, tinggal di Sukoharjo. Supaya penerima pesan 'kenal' dulu dengan anda. Dan nyaman untuk menerima pesan selanjutnya.
5. Langsung katakan, bahwa anda membaca iklan di.... Pada tgl ....tentang kebutuhan akan tenanga....., dan anda berniat mengisi lowongan tersebut. Jika ingin datang, ke alamat mana. Atau jika harus mengirim lewat email, mohon petunjuk emailnya.
Lalu tunggu balasan si "bos".
4. Gunakan bahasa dan kalimat yang baik. Hurufnya jangan disingkat-singkat kaya abege cemen. 😅 Inget, anda udah tua..hehe.
5. Panggil lah Bapak atau ibu kepada calon "Bos". Jangan panggil mbak atau mas. Bersikaplah menghormati atasan. Saya suka dengan cara yang diterapkan di alfamart dan indomaret. Walaupun belum pernah nanya langsung, kenapa semua karyawan memanggil "bapak" kepada seseorang disitu. Padahal usia mereka sepantaran. Pasti orang itu atasan disitu. SOP nya bagus.
6. Jangan belum apa-apa nanya gaji duluan. 😂
Prinsipnya biasanya pelamar itu, yaa harus tau gajinya dulu dong, baru gue mau melamar. Hmm..gw juga kalee..mau tau skill elu dan kemampuanlu dulu, baru berani nentuin gaji. Hehe. 😂
Tenang ajalah. Pasti si "bos" sudah ngerti untuk ngasih gaji berapa. Gaji itu akan dijelaskan saat interview. Jangan nanya di awal Sms. Biasanya si Bos sudah illfeel duluan sama calon karyawan model begini.
7. Saat diminta datang langsung, pakailah sepatu. Kebanyakan di sini, atasnya rapih, bawahnya pake sendal. Mau sendalnya merk Homyped, bata terbaru, kickers..atau apapun yang mahal, itu tetap sendal, men. Jangan juga pake sepatu sendal, atau sendal gunung. Bedu. Alias sama aja. 😂
8. Penampilan akan dinilai pertama kali. Baju rapih, eh badan bau. 😆Badan jangan bau ketek. Pakailah deodoran dulu di ketek. Baru pake parfum. Itu. Karena kebanyakan pada pake parfum doang di baju, pdhl yg bau itu keteknya.
9. Surat lamarannya jangan lupa dibawa. 😆Jangan meremehkan suatu pekerjaan. Melamar apapun, bawalah surat lamaran lengkap. Jangan sampai bilang, Oh saya kira ga pake lamaran mbak..
Duh..tamat dah. Udah dateng semangat, pake bajunya kaos lagi, bawahnya sendal gunung, ga bawa surat lamaran. 😀
Surat lamaran itu supaya si Bos mengetahui dengan jelas siapa km. Masa punya karyawan ga tau asal usul dan data pribadinya. Bahayaa.
Dah segitu aja pesan saya. Dan untuk para bos, jangan terlalu sombong dengan orang yang butuh pekerjaan. Bersikap dan berkata-katalah yang baik dan sopan juga. Ucapkan terimakasih jika ada yang harus ditolak. Terimakasih telah melamar di tempat anda.
Semoga sama-sama bermanfaat dan bisa saling membantu.
Gak usah dicomen ini hanya berbagi
BERIKAN KOMENTAR ()